Surat Rekomendasi Seorang Siswa

Pengertian Surat Rekomendasi



Surat rekomendasi adalah surat yang digunakan untuk memberikan rekomendasi atau rekomendasi seseorang. Surat ini biasanya diberikan oleh seseorang yang sudah mengenal baik orang yang direkomendasikan. Surat rekomendasi seringkali diminta oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan atau sekolah.


Manfaat Surat Rekomendasi



Surat rekomendasi memiliki manfaat yang sangat penting bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan atau sekolah. Dengan adanya surat rekomendasi, orang yang melamar akan menjadi lebih mudah diterima. Surat rekomendasi juga dapat menjadi bukti bahwa orang yang direkomendasikan memiliki kualitas yang baik dan pantas untuk dipertimbangkan.


Isi Surat Rekomendasi



Isi surat rekomendasi biasanya terdiri atas informasi tentang orang yang direkomendasikan, seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Selain itu, surat rekomendasi juga harus menyertakan informasi tentang kualitas dan kelebihan orang yang direkomendasikan. Surat rekomendasi juga dapat diakhiri dengan kalimat yang menunjukkan dukungan dan rekomendasi untuk orang yang direkomendasikan.


Cara Membuat Surat Rekomendasi



Untuk membuat surat rekomendasi, pertama-tama si penulis harus mengenal baik orang yang direkomendasikan. Selanjutnya, si penulis harus mengetahui tujuan dari surat rekomendasi tersebut. Setelah itu, si penulis dapat mulai menulis surat rekomendasi dengan memperhatikan format dan isi yang sudah disebutkan sebelumnya.


Contoh Surat Rekomendasi



Berikut adalah contoh surat rekomendasi untuk seorang siswa:

Kepada Yth.


Panitia Penerimaan Siswa Baru


SMA Negeri 1 Jakarta


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Bapak/Ibu/Saudara (nama penulis surat), ingin merekomendasikan (nama siswa) sebagai calon siswa baru di SMA Negeri 1 Jakarta.


Selama saya mengenal (nama siswa), saya melihat bahwa dia memiliki kemampuan akademik yang sangat baik dan juga berprestasi di berbagai bidang. Dia adalah siswa yang aktif dan juga memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.


Saya yakin bahwa (nama siswa) akan menjadi aset yang sangat berharga bagi SMA Negeri 1 Jakarta dan saya sangat merekomendasikan dia untuk diterima sebagai siswa baru di sekolah ini.


Demikianlah surat rekomendasi ini saya buat dengan sebenarnya dan harapan besar saya agar (nama siswa) dapat diterima di SMA Negeri 1 Jakarta.


Hormat saya,


(Nama Penulis Surat)



Kesimpulan



Surat rekomendasi sangat penting bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan atau sekolah. Surat rekomendasi berisi informasi tentang kualitas dan kelebihan orang yang direkomendasikan dan dapat menjadi bukti bahwa orang tersebut pantas untuk dipertimbangkan. Untuk membuat surat rekomendasi, si penulis harus mengenal baik orang yang direkomendasikan dan mengetahui tujuan dari surat rekomendasi tersebut.

close